Kencing Manis

Jika Anda sering mengalami rasa lelah, haus, berat badan berkurang secara drastis, sering buang air kecil dimalam hari, luka yang lama sembuh, bisa jadi hal tersebut adalah tanda-tanda penyakit kencing manis atau Diabetes Mellitus.

Dewasa ini jumlah penderita penyakit kencing manis terus bertambah di setiap pelosok dunia. Menurut survey yang dilakukan oleh WHO, Indonesia merupakan Negara dengan urutan ke 4 (empat) untuk jumlah penderita Diabetes terbesar di dunia setelah India, China, dan Amerika Serikat.

Diabetes Mellitus atau penyakit kencing manis itu sendiri merupakan suatu kondisi yang dialami seseorang jika di dalam darahnya terlalu banyak gula. Hal ini dapat terjadi karena adanya gangguan sekresi maupun fungsi insulin.

Setiap hari kita mengkonsumsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin serta mineral yang harus diubah menjadi sumber energi, untuk itu dibutuhkan insulin.

Insulin merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas yang bekerja dengan cara membuka seluruh saluran yang ada sehingga memungkinkan glukosa dialirkan dari darah ke seluruh sel tubuh dimana energi dihasilkan, dan proses ini disebut dengan metabolisme glukosa.

Pada penderita diabetes, pankreas tidak sanggup menghasilkan insulin sehingga makanan tidak dapat diubah menjadi energi, akibatnya kadar glukosa dalam darah menjadi meningkat.

Berdasarkan etiologinya, diabetes dibagi menjadi :

 

1. Diabetes Mellitus Tipe I

Kondisi dimana pankreas karena suatu sebab tidak dapat memproduksi hormon insulin sehingga memerlukan tambahan insulin dari luar untuk mengendalikan kadar gula darah

 

2. Diabetes Mellitus Tipe II

Kondisi dimana pankreas masih dapat memproduksi insulin, tetapi karena suatu sebab hormon insulin tidak berfungsi dengan baik.

 

 

 

 3. Diabetes Mellitus Gestasional

Sebagian wanita memiliki kadar gula darah yang tinggi selama masa kehamilan. Gejala Diabetes Gestasional umumnya ditemukan setelah pemeriksaan kehamilan. Bayi yang lahir dari ibu dengan Diabetes Gestasional akan meningkatkan risiko terkena masalah, seperti bayi yang lahir dengan kelebihan berat badan, gula darah yang rendah, dan penyakit kuning.

 

Gejala-Gejala Penyakit Diabetes Mellitus :

1. Sering buang air kecil dimalam hari hingga 4-5 kali sekalipun udara tidak dingin
2. Sering merasa haus dan mulut terasa kering
3. Makan banyak tetapi berat badan turun secara mencolok
4. Tubuh terasa lemas, tidak bergairah dan sering mengantuk
5. Cenderung mengeluh kesemutan di bagian tubuhnya dan mengalami gangguan penglihatan komplikasi yang dapat terjadi akibat Diabetes Mellitus


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Kencing Manis and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>